KLEPON SURAWANGI, jajan pasar khas Jawa Timur yang selalu ngangeni

Menurut wikipedia : 

Jajanan pasar adalah makanan tradisional Indonesia yang diperjualbelikan di pasar, khususnya di pasar-pasar tradisional. Dalam pengertian lain, adalah berbagai macam kue yang pada awalnya diperjualbelikan di pasar-pasar tradisional.

Siapa disini yang juga suka nyemil jajan pasar ? 

Saya masih ingat waktu ku kecil hidupku sangatlah senang ♪♬♫♪ #ehh #salahfokus … 

Maksud saya selain hidup saya sangatlah senang, antara lain ya karena sering ngemil jajan pasar heheheee. 

Nostalgic sekali ngomongin tentang jajan pasar, krn cemilan tradisional khas Jawa ini biasanya hanya bisa kita temui di pasar tradisional. Tapi kalo sekarang jajan pasar bisa kita temui juga di gerai mall besar dan harganya pun mengikuti harga sewa di mall hahahaaa.. 

Anyway, kali ini saya mau mereview salah satu gerai jajan pasar favorit saya. 

Klepon Surawangi, judulnya. Tempat ini kami temukan secara tidak sengaja, karena penasaran melihat judul “klepon Surawangi”. Lokasinya di perumahan Wisma Tropodo. Dengan gerai mungil di tikungan jalan. Kondisinya cukup bersih dan ibu peraciknya selalu menggunakan sarung tangan plastik. Seperti yang kita tahu, biasanya penjual jajan pasar selalu menggunakan tangan untuk melayani dan meracik jajan pasar yang biasanya disajikan dengan kelapa parut gurih. 

Klepon Surawangi

Klepon Surawangi sendiri menyediakan bbrp macam jajan pasar. Namun bagi saya, signature jajan pasar adalah Klepon-nya. 

Klepon adalah jajan pasar berbahan tepung ketan yang dibentuk bulat dengan isian gula merah cair dan berbalut parutan kelapa gurih. Dan ini adalah jajan pasar favorit saya dari kecil. Klepon Surawangi ini tastenya sesuai dengan selera saya. Kulit kleponnya kenyal gurih, dengan wangi pandan dan isian gula merah cairnya generous. Parutan kelapa gurihnya memperkaya rasa dan tekstur dari si klepon. 

Tetapi selain klepon signature mereka, ada juga jajan pasar berbalut kelapa yang mereka sediakan, seperti : 

Jongkong  = jajan pasar berbahan tepung beras dan tepung sagu, biasanya berwarna hitam karena ditambahkan air abu merang. Teksturnya kenyal kenyal dengan manis samar, biasanya dimakan dengan balutan parutan kelapa. 

Iwel iwel = jajanan tradisional khas pulau Jawa. Berbahan dasar tepung ketan, atau bisa juga dari parutan singkong dengan isian gula jawa. Jajanan ini dibalut dengan daun pisang. Untuk penyajiannya dengan parutan kelapa. Teksturnya kenyal gurih dan manis gurih dibagian tengah karena mengandung gula jawa. 

Gempo    =  penganan tradisional berbahan dasar tepung beras dan kacang tolo/ kacang merah. Teksturnya unik karena ada kejutan kacang tolo utuh di bagian dalam gempo ini. Mungkin agak mirip2 getuk yah tetapi ada tekstur kacang tolo utuhnya yang memperkaya citarasa si gempo. Dan seperti biasa disajikan dengan parutan kelapa. 

Jajan pasar campur – klepon, Jongkong, iwel iwel

Verdict : 

Sesuai judulnya, kleponnya juara. Apalagi isian gula merah cairnya yang generous dan kenyal-wangi pandan kulit klepon itu yg membuat semakin mantap. Sekali gigitan langsung meletup di dalam mulut. Jongkongnya kenyal dengan rasa manis samar. Begitupun dengan iwel iwel yang lengket dengan kejutan manis gula jawa. Semua berpadu dengan kelapa parut gurih, sehingga percampuran elemen rasa manis, gurih, dan tekstur sang jajan pasar berpadu harmonis meski jenisnya berbeda. 

Dan itu jelas membuat jajan pasar tetap menjadi idola cemilan bagi banyak penikmatnya.  

Klepon Surawangi

Jalan Raya Nusantara 

Wisma Tropodo

Waru, Sidoarjo 61256


See you in other @foodjournalsby review 😉

Eat respectfully, 

@foodjournalsby

Iklan